Rabu, 26 Juni 2013

Analisis Video


TAWURAN
Secara psikologis, perkelahian yang melibatkan pelajar usia remaja digolongkan sebagai salah satu bentuk kenakalan remaja. Tawuran dikalangan pelajar memang tidak dapat dipungkiri selalu  melekat apabila seorang pelajar gagal dalam menjalani proses-proses perkembangan jiwanya, baik pada saat remaja maupun pada masa kanak-kanaknya. Tawuran antar pelajar semakin menjadi semenjak terciptanya geng-geng. Perilaku anak itu selalu dipertontonkan di tengah-tengah masyarakat. Mereka itu sudah tidak merasa bahwa perbuatan itu sangat tidak terpuji dan bisa mengganggu ketenangan masyarakat. Sebaliknya mereka merasa bangga jika masyarakat itu takut dengan geng/kelompoknya. Seorang pelajar seharusnya tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji seperti itu. Biasanya permusuhan antar sekolah dimulai dari masalah yang sepele. Namun remaja yang masih labil tingkat emosinya justru menanggapinya sebagai sebuah tantangan. Pemicu lain biasanya dendam dengan rasa kesetiakawanan yang tinggi para siswa tersebut akan membalas perlakuan yang disebabkan oleh siswa sekolah yang dianggap merugikan seorang siswa atau mencemarkan nama baik sekolah tersebut.
Tawuran ini dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain : adanya pengaruh kawan sepermainan, kegagalan dalam pendidikan, dan terjadinya ketidak harmonisan dalam keluarga. Maka untuk memperkecil tingkat perilaku menyimpang pada pelajar, maka perlu kiranya orang tua menjaga dan mempertahankan keutuhan keluarga dengan mengoptimalkan fungsi sosial kelurga melalui program-program kesejahteraan sosial yang berorientasi pada keluarga dan lingkungannya, pengenalan agama lebih dini dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Tetapi tawuran ini tidak bisa dikatakan bahwa semua aspek pendorong berasal dari faktor internalnya saja. Namun faktor lingkungan dimana mereka berada juga mempunyai peran yang besar dalam memicu seorang pelajar untuk mencari pelampiasan-pelampiasan negatif dan mengikuti tawuran. Faktor lain diantaranya yaitu seperti faktor keluarga yang dipenuhi oleh kekerasan orang tua, faktor sekolah yang kurang memperhatikan potensi anak-anak didiknya, sampai faktor masyarakat yang senantiasa menyepelekan keberadaan mereka.
Untuk menindak lanjuti kenakalan remaja seperti halnya tawuran ini tentu semua lapisan meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat ikut berpartisipasi untuk menyelesaikannya. Semua lapisan tersebut harus dapat menyadari betapa pentingnya mereka menjaga kestabilan menjadi seorang remaja dengan cara memberikan ruang yang cukup kepada mereka untuk berekspresi. Dengan kata lain seorang remaja mendapatkan kebebasan tetapi masih dalam batas normal. Sehingga mereka dapat merasakan pengakuan masyarakat yang selama ini mereka idamkan, sambutan keluarga yang mereka impikan, dan sekolah yang nyaman untuk meningkatkan potensi mereka.
Hal yang harus dilakukan untuk menanggapi tawuran ini dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran mereka sebagai remaja dalam membentuk lingkungan yang kondusif;
2.      Keluarga sebagai elemen dasar sebuah bangunan pendidikan agar lebih aktif dalam memperhatikan anak-anaknya, dan sangatlah penting untuk dapat menciptakan demokratisasi dalam keluarga;
3.      Sekolah sebagai suatu lembaga pendidik seharusnya memperhatikan potensi-potensi dasar seorang remaja;
4.      Adanya sistem penanganan yang lebih tepat apabila ditemui tawuran antar pelajar lagi, dari pihak yang berwajib.
       untuk melihat videonya silahkan dapat di lihat di http://www.youtube.com/watch?v=x_Xj8MBdQhI

NARKOTIKA DALAM DUNIA ANAK
                Kemiskinan. Faktor tersebutlah yang paling mendasari narkotika mewabah didunia anak. Dengan kemiskinan anak-anak tidak mendapatkan hak anak sepenuhnya yang harusnya mereka dapatkan. Misalnya, anak-anak putus sekolah bahkan tidak bersekolah sehingga anak-anak yang harusnya belajar menuntut ilmu dan mendapatkan pendidikan yang cukup diusia dini malah harus ikut bekerja untuk mencari uang untuk menambah penghasilan keluarga dan menjadi anak jalanan.
                Dengan pengetahuan yang sangat minim, anak-anak selalu ingin mencoba sesuatu yang menurut mereka itu asik. Apalagi dengan adanya proses meniru orang dewasa yang melakukan hal tersebut. Salah satunya yaitu ngelem. Ngelem ini yang dimaksud yaitu menghirup uap lem, zat pelarut (thinner cat) atau zat sejenis lainnya dengan maksud untuk mendapatkan sensasi mabuk. Tetapi bahan yang sering dipakai untuk ngelem biasanya lem. Karena lem sangat mudah didapatkan serta bisa didapat dengan harga yang cukup murah.
                Dalam dosis awal yang kecil ngelem dapat menyebabkan perasaan euphoria, kegembiraan, dan sensasi yang menyenangkan sehingga dapat menimbulkan kecanduan. Untuk  pemakaian dosis yang tinggi dapat berupa rasa ketakutan, halusinasi, termasuk bicara yang tidak jelas (menggumam, penurunan kecepatan berbicara). Tetapi untuk jangka panjang dapat menimbulkan kematian karena rusaknya organ dalam tubuh yang disebabkan oleh zat narkotika tersebut.
                Betapa mirisnya ketika kita mendengar apabila anak bangsa Indonesia sebagai penerus bangsa mati konyol dikarenakan melakukan ngelem dan tidak mendapatkan pendidikan yang layak karena kemiskinan. Disini pemerintah sangat berperan penting dalam mengatasi masalah ini. Pemerintah harus lebih bergerak untuk dapat mensejahterakan masyarakatnya, dan memberikan perlakuan yang adil dalam hal pendidikannya. Misalnya, mendirikan sekolah untuk anak-anak jalanan, agar mereka tetap mendapatkan pendidikan yang cukup. Setelah itu pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan atau lembaga kegiatan masyarakat untuk para orang tua agar dapat memenuhi kebutuhan keluarganya, sehingga anak-anak tidak harus menjadi tulang punggung keluarganya. Hak mereka sebagai anak-anak untuk dapat menikmati masa indah mereka harus dapat terpenuhi bukan malah kekelaman dan kepahitan hidup yang harus mereka rasakan. Bila ingin bangsa ini menjadi bangsa yang maju, maka salah satunya yaitu mendidik dan mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus bangsa yang kelak akan mengharumkan nama bangsa. 
untuk melihat videonya silahkan dapat di lihat di http://www.youtube.com/watch?v=ZsJ7-psPtB0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar